Begini Cara Bersepeda Melalui Tanjakan


Bagi setiap pesepeda, bersepeda menuju tempat yang tinggi untuk melihat pemandangan yang indah adalah tujuan utama. Namun untuk mencapai titik tertinggi, pastinya akan melalui jalan yang menanjak, tidak sedikit pesepeda yang seringkali menghindari jalur menanjak tersebut.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan saat bersepeda menanjak, diantaranya adalah dapat meningkatkan ketahanan otot, kekuatan otot, peningkatan leg power, dan juga meningkatkan koordinasi antar bagian tubuh.


Beberapa tips dan trik ringan dari polygonbikes.com ini bisa dimanfaatkan untuk dapat menaklukkan jalur tanjakan.

01. Tips paling pertama dan paling ampuh adalah niat yang kuat dan juga semangat untuk menaklukkan tanjakan.

02.  Ambil ancang-ancang kecepatan pada jalan yang datar beberapa saat sebelum memasuki jalur menanjak. Pindahkan gear pada rasio ringan dan percepat kecepatan kayuhan pedal Anda.

03. Lakukan dorongan keras pada pedal dan mengerahkan tekanan di seluruh pedal stroke ketika Anda mulai memasuki jalur menanjak.

04.  Atur pola pernapasan Anda untuk memasok oksigen pada otot-otot yang sedang bekerja. Jaga bagian pinggul Anda agar tetap dekat pada bagian belakang sadel ketika duduk, serta pastikan posisi punggung lurus untuk memastikan dada dan paru-paru Anda tetap terbuka, hal ini untuk memudahkan proses pernafasan Anda.

05. Kencangkan perut Anda dan rendahkan posisi kepala ke arah sepeda untuk mengurangi hambatan angin dan meningkatkan kecepatan.

06. Bila perlu, condongkan badan Anda agak ke depan. Teknik ini berguna untuk memberi tambahan kekuatan pada saat pedalling.

Bagaimana ? Masih ragu melalui jalur tanjakan ? Selamat menaklukkan tanjakan...

0 komentar:

Posting Komentar